PELATIHAN BANTUAN HIDUP DASAR OLEH MAHASISWA KKN PPM UNUD

25 Agustus 2019 20:12:58 WITA

Dalam rangka merealisasikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Udayana, mahasiswa KKN PPM mengadakan kegiatan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2019 bertempat di Wantilan Serba Guna Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Perbekel Desa Bondalem, Drs. Ec. Ngurah Sadu Adnyana dan dihadiri oleh Bagian Anestesi dan Terapi Intensif RSUP Sanglah, dr. I Gede Herry Yudiskara, dr. Audhis Wetrisawan, dan dr. Eka Arnawa sebagai narasumber. Kegiatan ini diikuti oleh tokoh masyarakat dan pelajar sebanyak 23 orang, diantaranya POKMASWAS, POKDARWIS, Linmas, Pecalang Segara, Pecalang Yadnya, dan pelajar dari kelompok Bahara Prawara Eco Dive Desa Bondalem. Kegiatan ini turut mengundang tokoh masyarakat desa lain diantaranya Desa Pacung, Desa Julah, Desa Tejakula, Desa Les, Desa Penuktukan, dan Desa Tembok.

Kegiatan yang diberi tema “Pelatihan Bantuan Hidup Dasar” ini merupakan upaya yang penting dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memberikan pertolongan pre hospital. Penyuluhan dan pelatihan ini baik diberikan agar menciptakan generasi yang berkompeten dalam mengaplikasikan serta mensosialisasikan cara untuk memberikan pre hospital

Acara berlanjut dengan pemaparan materi mengenai Bantuan Hidup Dasar. Dalam penyuluhan yang diadakan ini membicarakan tentang Resusitasi Jantung Paru (RJP) dan dilakukan praktek-praktek agar mudah dipahami. RJP merupakan suatu tindakan gawat darurat akibat kegagalan sirkulasi dan pernafasan untuk dikembalikan ke fungsi optimal guna mencegah kematian. RJP biasanya digunakan sebagai pertolongan pertama pada pasien yang mengalami henti nafas dan henti jantung.

Harapan yang diinginkan dari program ini adalah pentingnya mengetahui tindakan tindakan resusitasi jantung paru untuk melakukan tindakan pertolongan pertama dan untuk bantuan hidup dasar di masyarakat bondalem terutama untuk para pelaku pariwisata dan penyelam yang berada di Desa Bondalem dan desa lainnya yang dimana kecamatan tejakula memiliki potensi pariwisata berupa diving dan snorkeling namun kurangnya pengetahuan mengenai keselamatan kerja dan rekreasi terutama RJP.

Komentar atas PELATIHAN BANTUAN HIDUP DASAR OLEH MAHASISWA KKN PPM UNUD

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bondalem

tampilkan dalam peta lebih besar