PENYULUHAN PENANAMAN TOGA OLEH MAHASISWA KKN PPM UNUD

25 Agustus 2019 20:19:20 WITA

Dalam rangka merealisasikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Udayana, mahasiswa KKN PPM mengadakan kegiatan Penyuluhan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2019 bertempat di halaman Kantor Perbekel Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula.

Kegiatan dengan tema “Penanaman TOGA Berbasis Kearifan Lokal” ini diikuti oleh ibu-ibu PKK di Desa Bondalem Kecamatan Tejakula lebih kurang 36 orang. Tujuan dari kegiatan Penyuluhan Penanaman TOGA yakni meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengolah TOGA kepada para ibu-ibu PKK Desa Bondalem, serta menyebarluaskan informasi dalam bentuk media tertulis tentang tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Metode penyuluhan yang digunakan active learning dan parcipatory learning yaitu dengan ceramah dan praktek menanam TOGA secara langsung di halaman Kantor Desa.

Acara Penyuluhan Penanaman TOGA ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Pengurus TP PKK Desa Bondalem. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Wakil Ketua Pengurus TP PKK dan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai tanaman obat oleh mahasiswa KKN PPM Universitas Udayana. Kegiatan berikutnya yakni praktek penanaman TOGA. Adapun tanaman yang ditanam saat penyuluhan meliputi tanaman adas, kumis kucing, lidah buaya, jahe merah, dan kembang sepatu.

Harapan yang diinginkan dari program ini adalah dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Komentar atas PENYULUHAN PENANAMAN TOGA OLEH MAHASISWA KKN PPM UNUD

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bondalem

tampilkan dalam peta lebih besar