Bulan Bahasa Bali Desa Bondalem

Administrator 20 Maret 2021 11:05:42 WITA

Dalam rangka Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali  III Tahun 2021 sebagai implementasi Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018, tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Tujuan dari Bulan Bahasa Bali Ini dilaksanakan setiap tahunnya yaitu:

  1. Sebagai bukti nyata terhadap upaya mempertahankan dan melestarikan budaya Bali yang adi luhung yaitu Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali ke dalam bentuk sebuah kegiatan lomba Bahasa Bali.
  2. Untuk dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat dan para generasi muda untuk mengekspresikan diri dalam mengasah kemampuan menulis dan berbahasa Bali untuk melalui ajang lomba Bahasa Bali.
  3. Untuk turut serta mendukung upaya Desa Bondalem menjadi Desa berwawasan Budaya sehingga melalui lomba Bahasa Bali ini unsur Budaya Bali bisa dilestarikan.
  4. Untuk ikut mendukung program Pemerintah Provinsi Bali yang tertuang dalam peraturan Gubernur No. 80 tahun 2018 tentang pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.

Adapun tema dari kegiatan Bulan bahasa Bali tahun 2021 yaitu Wana Kerthi : Sabdaning Taru Mahottama yang mempunyai makna Bulan Bahasa Bali sebagai altar pemuliaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali tertaut jelajah pemaknaan hutan sebagai prana kehidupan. 

Desa Bondalem mengadakan Bulan Bahasa Bali pada hari Kamis, 25 Februari 2021 ( pukul 08.00 wita) jenis lomba Bulan Bahasa Bali yang diadakan diantaranya Menyalin Aksara Bali  dan Masatua Bali Tingkat SD se-Desa Bondalem. adapun undangan yang menghadiri pembukaan tersebut diantaranya Kelian Desa Adat Bondalem ( Made Pendra), Perbekel Bondalem (Drs. Ec. Gede Ngurah Sadu Adnyana), Bapak Camat Tejakula yang di wakili oleh Ibu Kasi Sosial(Nengah Sukrati), Bendesa Alitan Desa Adat Kecamatan Tejakula,  Kelian Sabha Desa, Ketua BPD, Ketua LPM, Ketua Parisada, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Bondalem, Kepala sekolah SD se-Desa Bondalem, panitia Bulan Bahasa Bali Desa Bondalem beserta iswa yang mengikuti lomba dan pendampingnya.

 

#PemerintahDesaBondalem

#SID

Komentar atas Bulan Bahasa Bali Desa Bondalem

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bondalem

tampilkan dalam peta lebih besar