Visi dan Misi

31 Januari 2017 19:48:35 WITA

VISI DAN MISI

PEMILIHAN PERBEKEL DESA BONDALEM

PERIODE : 2017 – 2023

 1. VISI

  •  MENUJU BONDALEM  YANG  BERSIH  DAN  BERBUDAYA

2. MISI

  • Menyelenggarakan Tata Kelola Pemerintahan yang bersih, bebas dari korupsi serta meningkatkan kwalitas pelayanan yang berkeadilan kepada masyarakat.
  • Mengembangkan potensi Budaya untuk menunjang Eko Wisata Desa Bondalem.
  • Mewujudkan harmonisasi antar Lembaga Desa, sehingga terjalin sinergitas kerja yang optimal.

 3. STRATEGI

Adapun dalam mencapai Visi dilakukan strategi  sebagai berikut :

  1. Pengalokasian anggaran berdasarkan skala prioritas agar program pemerintahan desa dapat berjalan secara cepat, tepat dan akurat yang ditunjang dengan peningkatan kesejahteraan aparatur dan lembaga yang ada dengan mengedepankan manajemen pemerintahan dan pelayanan publik.
  2. Penataan administrasi pemerintahan desa.
  3. Memberdayakan lembaga yang ada dan mengoptimalkan kegiatan pemuda dan olahraga guna menekan tingkat kenakalan remaja.
  4. Peningkatan sumber daya masyarakat agar masyarakat menjadi lebih produktif dan mampu berdaya saing menghadapi perkembangan lingkungan.
  5. Peningkatan pengelolaan jalan desa, jalan lingkungan, gang, sarana air bersih, dan pendidikan serta infrastruktur lainnya.

Sedangkan arah kebijakan pembangunan ditujukan untuk mewujudkan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan derajat kesehatan, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan pemahaman dan pengamalan agama, pengendalian jumlah penduduk, peningkatan peran pemuda dan perempuan dalam pembangunan,  peningkatan kualitas tenaga kerja dan pengentasan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Mewujudkan perekonomian yang stabil melalui pengembangan pertanian, peningkatan nilai tambah produk pertanian, pengembangan produk unggulan.

Mewujudkan infrastruktur yang proporsional dan berkelanjutan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur transportasi, peningkatan kualitas dan kuantitas jaringan irigasi, peningkatan kualitas dan cakupan pelayanan air minum.

Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan kualitas aparatur pemerintah desa, dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.; Mewujudkan kelestarian lingkungan hidup melalui pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat sasaran pembangunan bukan hanya difokuskan pada pertumbuhan ekonomi, melainkan juga pada peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) melalui pendidikan anak-anak usia sekolah, pemberian bantuan dana pendidikan bagi anak-anak dari orang tua yang tidak mampu secara ekonomi.

Dengan peningkatan kualitas SDM, diharapkan mampu mengelola potensi desa secara optimal, memenuhi tuntutan kebutuhan dan kemajuan pembangunan Desa Bondalem serta mampu menempatkan manusia sebagai titik sentral, sehingga masyarakat bukan hanya sebagai objek pembangunan tapi juga sebagai subjek yang mampu berperan aktif dalam semua proses kegiatan pembangunan.

Sebagai wujud kesinambungan pembangunan dan cita-cita tersebut, maka Pemerintah Desa Bondalem menetapkan visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (2017-2023) sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembangunan selama 6 tahun yaitu :

MENUJU BONDALEM YANG BERSIH DAN BERBUDAYA “.

 

Penjabaran dari Visi Pemerintah Desa Bondalem tersebut adalah sebagai berikut :

 

Bersih : Mengandung makna suatu kondisi dimana masyarakat Desa Bondalem harus bersih dari korupsi, bersih lingkungan, bersih hati, bersih dari diskriminasi sehingga terjalin sinergitas kinerja yang optimal antar lembaga khususnya lembaga desa administrasi dengan lembaga desa adat sehingga terbangun kehidupan yang harmonis dalam pembangunan desa Bondalem, optimalisasi dari peran serta masyarakat dalam pembangunan melalui pemberdayaan dan partisipasi aktif yang terarah dan terpadu.

 

Berbudaya : Mengandung makna terwujudnya Desa Bondalem yang mengembangkan / melestarikan budaya, adat istiadat, sehingga budaya menjadi pilar terjalinnya harmonisasi antar warga masyarakat desa, melalui potensi budaya dapat menunjang Eko Wisata untuk kesejahteraan masyarakat desa, keseimbangan antara hak dan kewajiban masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik.

 

 

Misi Pembangunan Desa

Dalam Rangka mencapai visi yang telah ditetapkan, maka Visi tersebut diimplementasikan dalam beberapa misi pembangunan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan yang merata dan
  2. Meningkatkan pelayanan aparatur desa bagi pemenuhan pelayanan publik.
  3. Meningkatkan ekonomi kerakyatan yang berbasis Eko Wisata.
  4. Pemberdayaan masyarakat melalui Optimalisasi Otonomi Desa
  5. Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur yang Proporsional, berkualitas dan berkelanjutan

 4. SASARAN

Sasaran yang ingin dicapai dari masing-masing misi tersebut sebagai beikut :

 

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan yang merata dan terjangkau.

Sasaran :

     Meningkatnya Aksesibilitas, dan kualitas pendidikan dan kesehatan bagi seluruh warga masyarakat  Desa Bondalem

  1. Meningkatkan pelayanan aparatur desa  bagi pemenuhan pelayanan publik.

Sasaran :

    Terciptanya sistem yang transparan, profesional, bersih dan akuntabel sehingga dapat meningkatkan pelayanan umum berdasarkan standar pelayanan minimal.

  1. Meningkatkan ekonomi kerakyatan yang berbasis Eko Wisata.

Sasaran :

     Meningkatnya perekonomian desa dengan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki, mengarahkan perekonomian rakyat berbasis budaya menunjang Eko Wisata untuk mencapai kesejahteraan masyarakat desa Bondalem.

  1. Optimalisasi Otonomi Desa melalui pemberdayaan masyarakat.

Sasaran :

     Meningkatnya kapasitas pemerintahan desa dalam mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri dengan  memberdayakan potensi masyarakat desa untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat desa.

  1. Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur yang proporsional, berkwalitas dan berkelanjutan.

Sasaran :

     Tersedianya sarana dan prasarana infrastruktur desa dalam rangka mendukung peningkatan aktifitas sosial ekonomi dan budaya masyarakat, termasuk infrastruktur dasar pedesaan serta pengembangan potensi pusat–pusat pertumbuhan dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung.

 5. PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN

Upaya dalam mempercepat pencapaian visi, misi dan sasaran pembangunan, maka ditetapkan prioritas pembangunan yang akan menjadi fokus Penyelenggaraan pembangunan Kepala Desa selama 6 tahun (2017 -2023).

 

5.1. Arah Kebijakan Prioritas Pembangunan

Dalam rangka mewujudkan prioritas pembangunan 6 tahun kedepan, ditempuh melalui 4 arah kebijakan pembangunan pembangunan, yaitu :

  1. Meningkatkan kualitas Sumberdaya manusia dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat desa;
  2. Mengembangkan perekonomian masyarakat yang stabil melalui optimalisasi pemanfaatan potensi dan sumberdaya yang dimiliki desa Bondalem dengan tetap memperhatikan kualitas dan kelestarian lingkungan hidup;
  3. Optimalisasi fungsi lembaga pemerintahan desa dalam upaya peningkatan pelayanan publik;
  4. Melaksanakan pembangunan infrastruktur/sarana prasarana dasar  sebagai penunjang kegiatan sosial ekonomi masyarakat.

 

5.2. Strategi Prioritas Pembangunan

Dalam rangka mewujudkan prioritas pembangunan 6(enam) tahun kedepan, maka ditetapkan melalui 2 pilar strategi prioritas pembangunan, yaitu :

Bersih : Mengandung makna suatu keadaan dimana melalui bersih dari korupsi, bersih lingkungan, bersih hati, bersih dari diskriminasi akan terjalinan tata hubungan kerja antar lembaga yang ada di desa sehingga tercipta sinergitas kerja yang optimal dalam pembangunan masyarakat Desa Bondalem.

Berbudaya : Mengandung makna melalui pelestarian budaya, adat istiadat, kebiasaan yang baik akan meningkatkan dan pengembangan kecakapan hidup dan ketrampilan masyarakat agar tumbuh kemandirian menuju kemajuan kehidupan dan peningkatan kesejahtraan masyarakat Bondalem.

 

5.3.      Kebijakan dan Prioritas Program Pembangunan

Kebijakan pembangunan merupakan penjabaran dari arah dan strategi untuk mewujudkan prioritas pembangunan serta merupakan upaya dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi. Kebijakan pembangunan ini akan menjadi pedoman dalam melaksanakan program dan kegiatan selama periode tahun 2017-2023 yang dijabarkan melalui :

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan yang merata dan terjangkau.

       Program Prioritas :

  • Program Peningkatan Pendidikan Masyarakat usia dini dan usia sekolah.
  • Program Peningkatan derajat Kesehatan Masyarakat Desa.

 

  1. Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis Eko Wisata.

        Program Prioritas :

  • Program Peningkatan Kesejahteraan masyarakat melalui Eko Wisata  

     termasuk Wisata Bahari.

  • Program Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan

     Koperasi.

  • Program Pengembangan Investasi.

 

  1. Reformasi birokrasi bagi pemenuhan pelayanan umum.

        Program Prioritas :

  • Program Penataan Kelembagaan dan Ketatalaksanaan Pemerintahan Desa

     yang Efektif dan Efisien.

  • Program Meningkatkan kapasitas aparatur yang bersih dan profesional.

 

  1. Optimalisasi Pemerintahan Desa.

         Program Prioritas :

  • Program Peningkatan kapasitas pemerintahan desa.
  • Program Pemberdayaan Lembaga – lembaga Desa.
  • Program Pengembangan Partisipasi Masyarakat dalam pembangunan.

 

  1. Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur yang Mendukung Peningkatan Sosial

    Ekonomi Masyarakat Secara Proporsional, berkualitas dan berkelanjutan

    Program Prioritas :

  • Program Peningkatan Infrastruktur Perdesaan.
  • Program Pembangunan dan pengembangan Infrastruktur wilayah.

 

  1. Meningkatkan Pemberdayaan masyarakat

     Prioritas Program :

  • Program Peningkatan keberdayaan masyarakat perdesaan.
  • Program Peningkatan Keahlian dan keterampilan masyarakat perdesaan.
  • Program Pengembangan olah raga, pelestarian seni dan budaya.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bondalem

tampilkan dalam peta lebih besar