PEMBUKAAN ASET BBDF 2018

Administrator 30 November 2018 08:56:14 WITA

Acara Pembukaan Aksi Seni Tejakula Buleleng Bali Dive Festival 2018 di Pantai Bondalem. 28 Nopember 2018. (Kadek Adi Yoga Darma Putra)

 

Acara Pembukaan ASET BBDF di hari pertama terselenggaranya Event besar di Bondalem di awali dengan Penurunan Patung Bima di perairan konservasi bawah laut yang ada di Bondalem. Acara pembukaan yang dihadiri oleh Bapak Bupati Buleleng Putu AGus Suradnyana, ST bersama Ibu Bupati Buleleng, perwakilan dari Mentri, perwakilan Gubernur Bali, Bapak Kadis Pariwisata Kab Buleleng, Para undangan terhormat lainnya, Kepala sekolah se kec Tejakula dan guru-guru, Reporter, serta masyarakat kec Tejakula yang menyaksikan. Acara diawali dengan Ramah Tamah di Bondalem Beach Club, kemudia penampilan Tari Pendet massal di Pesisir Pantai yang berjumlah 100 orang yang di ambil dari penari- penari se-kecamatan  tejakula menjadi sambutan tarian awal di Acara tersebut, Restocking ikan dan penenggelaman Struktur Terumbu Karang berbentuk BIMA dan Parada Jukung partisipasi darii hotel-hotel yang ada di kec Tejakula. 

Dipilihnya Patung Bima sebagai struktur terumbu karang memiliki filosofi tersendiri. Pengorbanan dari Sang Bimasena pada epos Mahabarata yang terjun ke dasar laut untuk mencari tirta kehidupan atau yang dikenal sebagai tirta Kamandalu untuk kesejahteraan umat manusia.

Hal ini diyakini dapat menciptakan semangat bersama untuk mencintai alam utamanya taman bawah laut sebagai potensi wisata andalan di Kecamatan Tejakula.

Hal ini diungkapkan Ketua Panitia BBDF tahun 2018 Ni Made Rousmini,S.Sos,. Menurutnya, pengembangan terumbu karang ini dapat mensejahterakan masyarakat di Kecamatan Tejakula. Rousmini menambahkan, pengembangan terumbu karang dapat juga menjadi magnet untuk meningkatkan daya tarik wisatawan untuk datang ke Desa Bondalem.

“Pengembangan terumbu karang ini kita lakukan untuk mengembangkan potensi alam yang kita miliki sehingga mampu menarik wisatawan untuk datang ke Bali Utara sehingga dapat meminimalkan kesenjangan distribusi wisatawan antara Bali Utara dan Bali Selatan,” ujar Rousmini sebagaimana dilansir Humas Pemkab Buleleng.

Rousmini juga menjelaskan, tujuan dari diadakannya ASET BBDF ini adalah event promosi potensi kepariwisataan yang dilakukan oleh Pemkab Buleleng dan masyarakat di Kecamatan Tejakula untuk memperkenalkan potensi alam di Kecamatan Tejakula.

Ia mengungkapkan, berbagai potensi wisata di Kecamatan Tejakula sudah sepantasnya untuk dipromosikan secara intensif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kecamatan Tejakula.

“Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan diperlukan berbagai upaya secara berkesinambungan dan terintegrasi dari stake holder pariwisata yang terkait,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, dalam sambutannya saat membuka ASET BBDF mengatakan, Desa Bondalem memiliki potensi wisata trumbu karang yang sangat baik. Bupati Agus mengungkapkan, Pemkab Buleleng telah melakukan upaya-upaya pengembangan wisata bawah laut yang terintegrasi dengan masyarakat sekitar.

“Dengan terjalinnya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat yang sadar lingkungan, Buleleng telah meraih berbagai penghargaan baik itu penghargaan nasional hingga penghargaan internasional. Hal ini tentunya telah mendorong industri pariwisata di Kabupaten Buleleng,” ungkapnya.

Bupati Agus juga menjelaskan pengembangan pariwisata di Buleleng khususnya di Desa Bondalem tidak akan berhasil tanpa campur tangan masyarakat. Ia pun mengaku bangga terhadap masyarakat Desa Bondalem yang mau ikut andil dalam pelestarian dan pengambangan potensi pariwisata di Desa Bondalem. (BALIEDITOR.COM)

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bondalem

tampilkan dalam peta lebih besar