PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) OLEH MAHASISWA KKN PPM UNUD

22 Agustus 2019 19:32:17 WITA

Dalam rangka merealisasikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Udayana, mahasiswa KKN PPM mengadakan kegiatan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2019 di beberapa sekolah dasar (SD). Kegiatan dengan tema “Tanamkan Sedini Mungkin Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah untuk Generasi Muda Bondalem” tersebut diikuti oleh lebih kurang 150 siswa sekolah dasar (SD). Adapun sekolah yang mengikuti penyuluhan ini terdiri dari SD Negeri 5 Bondalem dan SD Negeri 8 Bondalem.

Acara Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri 8 Bondalem. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan program kesehatan yang dicanangkan oleh Kementerian Republik Indonesia selama beberapa tahun terakhir serta mendukung visi Desa Bondalem yaitu “Menjadikan Bondalem Bersih dan Berbudaya”. Salah satu indikator pokok dalam kegiatan ini adalah teknik mencuci tangan dengan air dan sabun secara baik dan benar yang berperan dalam pencegahan penyakit. Kegiatan ini diawali dengan senam bersama yang dipimpin oleh mahasiswa KKN PPM, kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan teknik mencuci tangan yang baik dan benar. Selain kegiatan senam dan penyuluhan PHBS, dilakukan juga penyuluhan mengenai kesehatan mata dan gizi seimbang.

Kegiatan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran setiap individu mengenai pola hidup bersih dan sehat dengan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Harapan yang diinginkan dari program ini adalah dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hidup bersih dan sehat pada diri sendiri sejak usia dini serta dapat menjadi contoh yang baik bagi anggota keluarga lainnya. Sebagai penutup, para peserta diajak untuk mengulas kembali penyuluhan yang telah diberikan dengan menjawab kuis-kuis yang diberikan oleh kakak-kakak mahasiswa.

Komentar atas PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) OLEH MAHASISWA KKN PPM UNUD

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bondalem

tampilkan dalam peta lebih besar