Profil Desa

31 Januari 2017 19:18:18 WITA

Om Swastyastu,

Bersama ini dapat kami sampaikan tentang keberadaan Desa Bondalem, yang pertama Desa Bondalem berada di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, dengan luas wilayah 669 Hektar, dengan jumlah penduduk yang tersebar di 10 Banjar Dinas yaitu sebanyak 13.508 jiwa, jumlah penduduk laki-laki sebanyak 7.082 jiwa, jumlah penduduk perempuan sebanyak 6.426 jiwa dan jumlah KK keseluruhan sebanyak 4.309 KK. Penduduk Desa Bondalem mayoritas memeluk Agama Hindu.

Desa Bondalem memiliki batas-batas sebagai berikut :

  1. Di sebelah Utara         : Laut Jawa,
  2. Di sebelah Selatan       : Desa Madenan
  3. Di sebelah Timur         : Desa Tejakula
  4. Di Sebelah Barat         : Desa Julah

Jarak ke Ibu Kota Kecamatan 3 km, ke ibu kota Kabupaten/Kota 30 Km dan jarak ke Ibu Kota Provinsi 120 Km.

Desa Bondalem di bagi menjadi 10 wilayah yang terdiri dari 10 Banjar Dinas antara lain : Banjar Dinas Suksuk, Banjar Dinas Jro Kuta, Banjar Dinas Tegal Sari, Banjar Dinas Kaja Kauh, Banjar Dinas Kelod Kauh, Banjar Dinas Kaja Kangin, Banjar Dinas Kelod Kangin, Banjar Dinas Celagi Bantes, Banjar Dinas Celagi Batur dan Banjar Dinas Selombo.

Desa Bondalem juga terdiri dari 1 (satu) Desa Pakraman Bondalem yang terdiri dari 11 Banjar Adat yaitu Banjar Adat Marga Candi, Banjar Adat Pintu, Banjar Adat Semer Cupek, Banjar Adat Kawanan, Banjar Adat Kelodan, Banjar Adat Buda Wage, Banjar Adat Kanginan, Banjar Adat Lemo Sari, Banjar Adat Selombo, Banjar Adat Celagi Bantes, dan Banjar Adat Sang Buda.

Tipologi Desa Bondalem ini terletak di pesisir pantai. Berdasarkan wilayah penggunaan desa Bondalem terdiri dari wilayah Pemukiman, Perkebunan, Ladang, Pasar, Setra, Lapangan, Perkantoran/Sekolah,  dan Pura.

Potensi Kelembagaan

Lembaga yang ada di Desa Bondalem, meliputi Lembaga Pemerintahan yaitu yang pertama Pemerintahan Desa, terdiri dari Perbekel, Sekdes, 5 Kepala Urusan dan 10 Kelihan Banjar Dinas. Tingkat Pendidikan perangkat Desa rata-rata minimal SLTA. Yang kedua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terdiri dari 11 orang, dengan tingkat pendidikan rata-rata tingkat SLTA ke atas. Lembaga Kemasyarakatan meliputi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), PKK, Karang Taruna, Kelompok Tani, Kelompok Nelayan, Lembaga Adat, BUMDesa Bhuana Muda, Seni Tabuh, Olahraga, Yayasan Yudha Dharma 46 Bondalem dan LPD. Lembaga Ekonomi meliputi, Koperasi, dan BUMDesa. Lembaga Pendidikan meliputi Yayasan Playgroup, 1 sekolah TK, 9 Sekolah Dasar, 1 SMP Negeri dan 1 SMA Negeri. Lembaga Keamanan meliputi Linmas dan Satpam Sarana Prasarana Kesehatan meliputi Puskesmas Pembantu, Apotik, Posyandu, Rumah Praktek Dokter dan Rumah Bersali (Bidan). Dan Sarana Prasarana Kebersihan ada Tempat Pengolahan Sampah Terpadu.

Dalam bidang Pendidikan di Desa Bondalem, sampai tahun 2016 telah mampu menuntaskan buta aksara seiring dengan perkembangan perekonomian sehingga angka putus sekolah dapat terhindari, dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi negeri telah mampu dilakukan oleh masyarakat dan tingginya kesadaran masyarakat bahwa betapa pentingnya pendidikan itu sendiri, guna menuju masyarakat yang sejahtera.

Dalam Bidang Kesehatan, Kondisi kesehatan masyarakat Desa Bondalem secara umum dalam kondisi yang relative baik. Angka kematian bayi dan ibu relatif kecil, dikarenakan kader Posyandu, bidan dan dokter serta tenaga kesehatan secara rutin setiap bulan melakukan kunjungan/pengobatan dan selalu proaktif dan peduli terhadap masalah kesehatan warga. Pelayanan kesehatan untuk para otang tua, para lansia dengan melakukan senam Lansia, dan juga memberikan bentuk pelayanan kesehatan buat masyarakat lewat kegiatan Ibu-Ibu PKK, lewat kegiatan daripada Bidan Desa, sehingga betul-betul kesadaran akan kesehatan masyarakat bisa di perhatikan. Hal tersebut juga ditunjang dengan Desa Bondalem yang merupakan salah satu desa yang dekat dengan ibu kota Kecamatan,  sehingga didesa kami didirikan Puskesmas Pembantu agar masyarakat dapat menggunakan akses kesehatan melalui Puskesmas, dan setiap bulan juga dilaksanakan pantauan kesehatan balita melalui Posyandu yang ada di desa Bondalem. Angka kematian bayi sudah menurun hingga di atas 10%. Termasuk juga angka gizi buruk mengalami penurunan hingga diatas 10% dan kematian balita kurang dari 1%. Di Desa Bondalem terdapat 12 Posyandu yang tersebar di 10 Dusun atau Banjar Dinas. Kepemilikan jamban dalam rumah tangga sudah semua Kepala Keluarga di Desa Bondalem sudah memiliki.

Mata pencaharian pokok penduduk Desa Bondalem adalah sebagai Petani, PNS, Peternak, Nelayan, Montir, Pedagang keliling, TNI, Polri, Pensiunan PNS/TNI/Polri, Pengusaha kecil dan menengah, Pengacara, Notaris, Jasa Pengobatan alternative, Arsitektur, Karyawan perusahaan swasta, Buruh/tukang bangunan, Sopir, Tukang Ojek, Usaha rumah tangga, Tukang cukur dan Satpam. Yang menjadi mata pencaharian unggulan adalah petani dan nelayan.

Dalam hal Pariwisata, Desa Bondalem memiliki potensi wisata bawah laut, yang di kelola oleh kelompok peduli laut bernama Bahari Prawara dan Pokmaswas sebagai kelompok bagian konservasi. Dengan keindahan terumbu karang yang beraneka ragam menjadi daya tarik tersendiri terutama pada turis-turis mancanegara maupun domestik.

Selain itu juga dalam hal Kebersihan Lingkungan, Desa Bondalem memliki Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) dimana sampah-sampah rumah tangga bisa dipungut untuk diolah pada TPST dijadikan olahan pupuk organic, sehingga bisa berguna dan bermaanfaat bagi Petani.

LAMBANG DAN LOGO

1.    Segi Lima : Pancasila
2.    Dasar Merah Putih : Bendera Merah Putih (Berani atas dasar kebenaran)
3.    Tugu Pahlawan : Desa Bondalem merupakan basis perjuangan dalam mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan  Republik Indonesia 17 Agustus 1945
a.       Teras atas empat tingkat
b.      Bambu ada lima batang
Merupakan nilai-nilai perjuangan 45 dan semangat 45
  • Bambu adalah alat atau senjata para pemuda dalam mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
  • Bambu berwarna kuning melambangkan perjuangan para pemuda adalah suci, tulus iklas dan tanpa pamrih.
4.    Padi Kapas : mendambakan dan bercita-cita mewujukkan suatu masyarakat adil dan makmur dalam melanjutkancita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945
a.       Padi da 17 butir
b.      Kapas ada 8 kembang
5.    Ikatan Pada Padi dan Kapas : ada tiga sampul ikatan yang melambangkan masyarakat yang selalu berpegang teguh pada pahan Tri Hita Karanadalam aspek kehidupan.
6.    Dharma Krya Jagat Hita : Semboyan yang berarti dengan usaha selalu berlandaskan kebenaran atau Dharma, menuju kesejahtraan dan kedamaian dunia
Bondalem : Desa Bondalem yang selalu berusaha dan mengamalkan Pancasila dan nilai-nilai luhur Budaya Nasional.
 
LUAS WILAYAH DESA
Luas Wilayah desa Bondalem :    669 Ha.
Pemanfaatan Wilayah
1.       Pemukiman : 62,3 Ha
2.      Tegalan : 405,269 Ha
3.      Perkebunan : 176,25 Ha
4.      Bangunan Umum : 9 Ha
5.      Kuburan : 0,651 Ha
6.      Tanah Desa Adat : 2 Ha
7.      Lainnya : 13,53 Ha
 
Jarak Pemerintahan Desa ke- :
  1. Ke Ibu Kota Kecamatan Bondalem      :     3 Km
  2. Ke Ibu Kota Kabupaten Buleleng         :   30 Km
  3. Ke Ibu Kota Propinsi Bali                     :  110 Km
Puskesmas : Puskesmas Pembantu Bondalem, Poskesdes
Posyandu
1.      Posyandu Kemuning Banjar Dinas Kelod Kauh
2.      Posyandu Melati I dan II Banjar Dinas Suksuk
3.      Posyandu Kamboja Banjar Dinas Celagi bantes
4.      Posyandu Mawar Banjar Dinas Kaja Kangin
5.      Posyandu Anggrek Banjar Dinas Celagi batur
6.      Posyandu Cempaka Banjar Dinas Tegal Sari
7.      Posyandu Teratai I dan II Banjar Dinas Selombo
8.      Posyandu Plamboyan Banjar Dinas Kaja Kauh
9.      Posyandu Nusa Indah Banjar Dinas Kelod kangin
10.  Posyandu Seroja Banjar Dinas Jero Kuta
 
POTENSI DESA YANG DIKEMBANGKAN
  1. Pariwisata Bahari, Perkebunan Rambutan
  2. Home Industri pembuatan Kue Dodol
  3. Kerajinan tangan ingka, Mebel

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bondalem

tampilkan dalam peta lebih besar